Final Fantasy Versus XIII: Famitsu Interview

Saya yakin beberapa diantara kalian sudah menyaksikan trailer terbaru Final Fantasy Versus XIII di ajang The 1st Production Department Premier event yang di adakan oleh SE bulan kemarin. Dan pastinya rasa kagum dan penasaran masih mengena dalam pikiran kalian.
Beruntung, kita mendapatkan hasil wawancara komplit dengan Tetsuya Nomura yang diberikan oleh Famitsu. Mari langsung saja kita liat apa saja yang dibeberkan oleh Tetsuya.
Characters
Sejak trailer 2008 silam, hanya ada dua nama yang ada di kepala kita yaitu Noctis Lucis Caelum serta Stella Nox Fleuret. Mereka berdua dinyatakan menempati posisi Hero dan Heroine dalam game ini.
Bosan dengan nama yang ada, kini nama-nama latin baru akhirnya terungkap. Mereka adalah tiga sekawan yang selalu menemani Noctis, yaitu Gladiolus, Ignis, dan Prompto. Hal ini memang sudah di publikasikan kemarin di info Dengeki, tapi tidak ada salahnya saya sedikit menambahkan.
Ignis (In latin means Flame/Fire)

Teman Noctis sejak kecil, memakai kacamata dan berperan sebagai ahli strategi dalam geng Noctis. Dan katanya, ia memang dibesarkan untuk menjadi ahli strategi untuk mengabdi di kerajaan. Karena itulah ia diperlihatkan sedang berbicara layaknya seorang counselor pada Noctis. Nomura mengatakan ia memang sengaja menampilkan scene yang dirasakannya cukup untuk menjelaskan bagaimana hubungan Ignis dengan Noctis.
Gladiolus (In latin means Knife or Sword)


Bersama sama dengan Ignis, mereka berdua merupakan teman Noctis sejak kecil. Ia memiliki luka codet di wajahnya dan pandai berkelahi dengan tangan kosong.
Prompto(In latin means Get ready or Ready at hands)


Lelaki berambut pirang ini pandai menggunakan shotgun. Ia bukan salah satu teman kecil Noctis karena ia baru-baru saja bergabung.
Pada trailer baru ini, kita akhirnya bisa melihat beberapa hints personality serta gambaran mengenai tiap tiap karakter dari suara sang voice actor (yap, Noctis akhirnya punya suara). Apalagi katanya, suara para VA di trailer tersebut merupakan pilihan final yang sudah jauh hari dipilih dari audisi. Dan pakaian teman-teman Noctis ini juga sudah di improvisasi loh.
Meski Nomura tidak mau memberitahukan secara lengkap mengenai siapa Voice Actor para karakter, ia mengatakan bahwa sebagian dari fans sudah menebak dengan benar siapa VA nya.
Story
Cerita dari keseluruhan trailer Versus kemarin adalah “escape drama” yang dialami Noctis dan kawan kawan setelah pasukan musuh dari negara bernama Nieflheim mulai menyerbu kerajaan Noctis di malam saat sebuah pesta berlangsung.

where the party was held
(Ingat scene Noctis dkk pergi menggunakan mobil dan berhenti di sebuah jalan yang terputus di trailer 2008?)
Di menit 2:09, kita melihat ayah Noctis, sang raja (yang juga bisa menggunakan kekuatan crystal), mengatakan bahwa ia tidak akan menyerahkan singgasananya kepada siapapun dan menganggap dirinyalah raja yang terakhir. Banyak fans yang menduga bahwa perkataan sang raja ditujukan pada anaknya, Noctis. Namun Nomura mengkonfirmasikan bahwa hal itu tidak benar. Adapun perbedaan pada singgasana yang diduduki oleh sang raja dengan yang diduduki Noctis di menit 6:12. Entah apa maksud info satu ini.
Sekitar menit 4:30, tampil gambar dengan sudut pandang pertama, sebuah pemandangan hutan di sore hari. Ini merupakan gambaran memori Noctis selagi kecil. Pemain dapat mengambil kontrol disini, namun sepertinya tetap akan berakhir dengan bertemunya Noctis dengan ayahnya yang mengulurkan tangan.

(An act of love by the last king, got any hints anyone?)
Di akhir trailer, ayah Noctis berhadapan dengan seseorang yang berjubah putih. Nomura mengatakan bahwa lelaki ini adalah lelaki yang berbeda dengan pria berjubah putih di trailer 2008. (Mungkinkah mereka memiliki hubungan?)

Battle System
Menurut Famitsu, gameplay di TGS kemarin diperlambat agar gerakan dapat terlihat dengan jelas. Dan sepertinya trailer yang baru memperlihatkan kondisi yang hampir sama cepatnya dengan versi aslinya.
Dalam pertarungan, kalian bisa melakukan action seperti double jump dsb. Yang pasti, kalian akan menggerakan karakter dengan kecepatan tinggi.
Ditanya apakah battle system-nya menyerupai Kingdom Hearts (dimana karakter akan memilih action lewat menu command), Nomura mengatakan bahwa memang sistemnya mendekati system KH (or completely the same?).
Icon dan gauge yang terlihat dalam battle sebagian dinyatakan final namun ada sebagian yang dianggap masih butuh improvisasi. Entah apa yang dimaksud Nomura akan hal itu (apakah tampilannya atau nama command-nya).

Untuk meteran hp dan mp memang versi final. Dan ketika pertarungan sepertinya nama karakter akan diubah langsung ke tampilan icon dan meteran HP & MP saja. Disini juga terdapat sebuah meteran berwarna oranye, katanya ini merupakan salah satu system original game ini. Namun tidak ada penjelasan lebih lanjut dari Nomura.
Icon wajah para karakter tidaklah berfungsi sebagai pajangan, melainkan untuk memberikan info close-up ekspresi yang dikenakan karakter saat melakukan action, terkena serangan musuh, dsb. Bertujuan agar pemain mengetahui apabila ada anggota party yang mengalami kesulitan saat pemain jauh dari mereka.
Salah satu dari menu Command adalah Summon. Nomura mengkonfirmasi bahwa Summon memang merupakan salah satu unsur game ini. Dan sesuai dengan wawancara sebelumnya, pemain dapat mengendarai Magitek Mecha Armor dan Chocobo. Nomura menegaskan bahwa unsur unsur dari seri FF sebelumnya dapat kalian temukan di Versus.
Mengenai magic, ada pertimbangan yang berbasis pada cerita Versus. Yaitu: kalian dapat menggunakan magic tapi HARUS ada Noctis di dalam party. Sebagai bagian dari setting cerita, magic dapat digunakan karena ada Noctis. Walaupun magic disini sama sekali tidak berhubungan dengan kekuatan melihat ‘cahaya’-nya Noctis dan Stella.

Versus XIII memang memiliki Job System, tapi tidak untuk karakter yang dapat kalian kontrol. Kemarin kita dapat melihat musuh-musuh yang memiliki job sebagai Dragoon dan Summoner. Seorang wanita Dragoon dapat dilihat di menit 5:43. Ia melakukan akrobatik liar diudara dengan berputar-putar menggunakan tombaknya hingga mendarat ke tempat Noctis berdiri.

Kemampuannya memang mirip dengan skill Jump yang dimiliki oleh job Dragoon. Dan menjawab pertanyaan siapakah dia, Tetsuya berkata yang jelas dia bukan Stella. Wanita itu merupakan bagian dari grup special dalam pasukan musuh (karena itu armor-nya lebih keren dan lebih tebal)
Seperti yang diperlihatkan di trailer, kalian dapat menggunakan 3 anggota dalam party. Anggota party akan dipilih secara otomatis untuk kalian sebagai bagian dari cerita, sebagai bagian tutorial. Setelah kalian sudah mulai maju dalam permainan, kalian akan dapat memilih sendiri anggota yang ingin digunakan. Akan tetapi Noctis harus berada di dalam party. Dalam wawancara di Dengeki, Nomura telah mengatakan bahwa jika Noctis mati permainan akan berakhir (yah, tapi ceritanya emang fokus dengan Noctis-nya sih).
Kalian bebas mengontrol karakter mana yang kalian mau meski hal tersebut tidak terlalu penting. Kalian bisa kok memakai Noctis hingga game ini tamat.
Tiap karakter memiliki kemampuan spesial masing masing. Mereka menyerang dengan cara berbeda tergantung senjata apa yang mereka gunakan. Nomura mengatakan, ia ingin para pemain menentukan strategi mereka sendiri, bagaimana mereka menyesuakan timing dan situasi dengan peralihan karakter.
Noctis dapat menggunakan berbagai macam senjata seperti pedang, kapak, tombak, dan senapan. Uniknya, kategori senjata tersebut memiliki variasi lagi. Misalnya senapan, kalian bisa memilih tipe seperti hand guns, machine guns, shot guns, rifles, bazookas, dsb. Dan semakin bagus lagi karena para development staff berfokus dalam memberikan gerakan berbeda saat menggunakan berbagai senjata tadi.
Berbeda dengan Noctis, anggota party lainnya hanya akan menggunakan senjata khusus:
Ignis: Spesialis Support-style attacks. Ia kuat dalam magic dan dapat menggunakan pisau lempar serta senjata yang serupa. Dalam trailer diperlihatkan Ignis menggunakan pedang katana.
Gladiolus: Ia bertarung dengan tangan kosong dan juga menggunakan senjata besar seperti Pile Bunkers dan broad sword.
Prompto: Ia merupakan Gunner. Noctis juga bisa menggunakan senapan, tapi Noctis menembak dengan auto aim. Sedangkan Prompto dapat menembak dengan indikator penargetan sehingga memudahkan kalian menarget titik lemah musuh.

Penargetan Prompto benar benar berguna apabila kita bertemu dengan musuh yang besar. Karena musuh yang besar biasanya memiliki titik titik kelemahan tertentu.
Fields and Worlds
FF versus memiliki banyak kebebasan. Tim Versus sedang bekerja menambahkan beberapa variasi Gimmick. Gimmick ini contohnya adalah ketika makhluk Behemoth berlari dan menghancurkan jembatan yang dilalui oleh Noctis. Nah, jika kalian tidak mengontrol Noctis ke jembatan tersebut si Behemoth tidak akan menghancurkannya.

Jembatan warga ini tidak akan hancur bila Noctis bukanlah pemeran utamanya
Para Behemoth ini memiliki ukuran berbeda, tergantung situasi. Pada trailer, mereka membuat makhluk tersebut besar karena battle-nya berlokasi di tempat dimana gedung gedung tinggi berada, dan tidak akan terlihat efeknya apabila makhluknya kecil. Di daerah luar, para Behemoth akan terlihat lebih kecil.
Kota dimana Noctis berhadapan dengan Behemoth penuh dengan barang barang yang dapat dihancurkan, contohnya, pepohonan dan tiang listrik. Ada juga interaktivitas lainnya.
Mengikuti kelanjutan aksi di trailer, kalian akan berhadapan dengan Behemoth tersebut di sebuah area jalan tol tiga tingkat. Jalan ini rusak, sehingga kalian perlu bergerak dengan melompat dsb. Kalian juga dapat mengambil keuntungan dari bangunan yang ada di pinggir jalan. Tangga emergency gedung dapat dimasuki dan dinaiki hingga ke atap, dengan Noctis yang mengangkat dirinya ke atas melalui Air Conditioner. Nomura sendiri terkejut saat melihat hal ini ketika mengetes permainan.
Dengan kebebasan-kebebasan ini, Nomura memastikan pemain tidak bisa menelusuri semuanya dalam sekali jalan saja.
Trailer menunjukkan bagian dari negara yang mengawali awal permainan ini—yaitu kerajaan yang dirajai oleh ayah Noctis. Masih ada lagi kerajaan-kerajaan lainnya, dan diantaranya akan kalian temukan desa-desa. Bahkan desa pun juga dapat ditelusuri lebih luas. Nomura sekali lagi tercengang dengan ukurannya ketika mengetes game .
Seperti yang diindikasikan di trailer, field akan memiliki perputaran siang dan malam. Kalian akan bertemu dengan monster berbeda di waktu yang berbeda pula dalam sehari. Di trailer kemarin memang disengajakan agar perubahan waktu dipercepat agar kita dapat melihat contohnya.
Menutup wawancaranya, Nomura berkata bahwa apa yang kita lihat masih belum seberapa. Masih ada system level up yang esklusif untuk FF versus XIII. Tunggu saja kelanjutan infonya dalam event E3 di Los Angeles nanti. Tepatnya tanggal 7 dan 9 juni 2011.









Silahkan Tulis Komentar Anda ...