Posts Subscribe comment Comments

FF VII Character - Yuffie Kisaragi

Yuffie Kisaragi
banner
Nama Yuffie Kisaragi
Nicknames Mystery Ninja, Treasure Princess, Materia Hunter, Great Ninja Yuffie, The Single White Rose of Wutai, Wutai’s Strongest Warrior
Tempat / Tanggal Lahir Wutai, 20 November 1991
Tinggi Badan 160 cm
Golongan Darah A
Pekerjaan Pemburu Materia
Senjata Fuma Shuriken
Pengisi Suara Yumi Kakazu, Christy Carlson Romano, Mae Whitman
Yuffie adalah salah satu karakter rahasia di Final Fantasy VII (selain Vincent). Yuffie sombong, licik, sekaligus mata duitan. Tapi terlepas dengan itu, dia justru banyak disukai karena menjadi comic relief yang sering mengundang tawa berkat tingkah-tingkah konyolnya.

Karakteristik
Cewek ini sangat bawel dan tidak tahan dengan suasana sunyi, terlihat saat adegan kencan dengan Cloud – di mana cowok itu tidak menghiraukan apapun perkataan Yuffie. Dia sampai harus memohon-mohon dulu, baru Cloud menyahuti perkataannya (itupun masih dengan nada dingin).
lil yuffie
Sifat sombong sekaligus narsisnya sangat kentara saat dia berkali-kali mengaku-ngaku kalau dirinya adalah ninja terhebat di Wutai. Yuffie juga seringkali berkata tidak sopan kepada orang yang lebih tua, termasuk ayahnya.
Pewaris tahta Wutai ini sepertinya mengidap kleptomaniac kadar parah. Sejak kecil dia sudah suka mencuri barang orang lain. Dia bahkan rela melakukan apa saja supaya berhasil mencuri materia yang diinginkannya.
mabokYuffie adalah penderita mabuk kendaraan akut, baik itu transportasi laut maupun udara. Kalau sudah begitu, dia hanya bisa menahan muntah dan berjongkok dengan pasrah. Dia selalu memohon-mohon kepada Cloud agar membawanya dalam party, supaya dia bisa keluar dari Highwind.
Dibalik semua itu, Yuffie ternyata adalah orang yang sangat perhatian. Setelah Aerith tewas, Yuffie menenangkan Cloud dengan cara memeluk cowok itu. Perhatiannya kepada Cloud juga ditunjukkan di Reminiscene. Yuffie mengirimkan papan “Closed for Business” agar Cloud bisa libur kerja. Yuffie juga sering menelpon Cloud dan Vincent, walau kebanyakan membicarakan hal-hal yang tidak penting.
Menurut Nanaki (Red XIII), Yuffie adalah anak yang baik hati sekaligus ceroboh. Pasalnya, ketika Geostigma merebak di Wutai, Yuffie malah sibuk merawat para pasien tanpa menghiraukan kemungkinan dirinya bisa ikut tertular.

wutaiAsal Usul
Yuffie lahir dari pasangan Godo dan Kasumi Kisaragi. Godo Kisaragi adalah penguasa Kota Wutai, menjadikan Yuffie pewaris tahta kota itu. Sedangkan Kasumi meninggal karena sakit, saat Yuffie masih kecil.
Sebagai anak penguasa kota, Yuffie diperlakukan berbeda oleh orang-orang disekitarnya. Salah satu tradisi Keluarga Kisaragi adalah berlatih ninjutsu sejak kecil, jadi tidak heran kalau Yuffie sangat gesit dan suka melompat kesana-kemari.

Storyline
Yuffie si Maling Materia
Suatu hari, Yuffie menyerang rombongan AVALANCHE yang membawa banyak materia. Meski kalah dalam pertarungan itu, dia masih punya segudang akal bulus cadangan. Yuffie pun pura-pura ikut AVALANCHE sambil menunggu kesempatan untuk mengambil materia milik mereka.
Akhirnya, kesempatan emas itu datang saat AVALANCHE berjalan-jalan di dekat Wutai. Saat sampai di perbukitan, Yuffie menahan para anggota AVALANCHE yang lain. Tiba-tiba, pasukan Shinra datang dan menyergap Cloud dan kawan-kawan; sementara Yuffie langsung kabur membawa materia mereka. Setelah pertarungan berakhir, Cloud dan kawan-kawan pun harus mencari Yuffie.
Cloud dan kawan-kawan tiba di Wutai. Setelah mengejar Yuffie kemana-mana, mereka berhasil memojokkan ninja itu. Yuffie yang terdesak berjanji akan mengembalikan materia mereka. Dia membawa para anggota AVALANCHE ke rumahnya dan menceritakan alasan kenapa dia mencuri materia.
wutai war
Dahulu kala, terjadi peperangan besar antara Wutai dan Shinra. Peperangan itu menelan banyak korban di pihak Wutai; sampai akhirnya, Godo, ayah Yuffie, terpaksa tunduk kepada Shinra.
Situasi di Wutai memang menjadi damai, tapi Yuffie kecil justru merasa malu atas keadaan ini. Wutai yang dulunya adalah kota terhormat dan memilik kekuatan militer tangguh; sekarang menjadi kota pariwisata konyol di bawah pengawasan Shinra.
Karena ayahnya tidak bisa diharapkan, Yuffie memutuskan untuk memulai perlawanan dengan caranya sendiri. Dia memiliki rencana besar, yaitu mengumpulkan berbagai materia dari seluruh penjuru dunia, agar Wutai dapat menghimpun kekuatan dan kembali berjaya. Impian yang sebetulnya mulia, tapi eksekusinya salah karena dia memperoleh materia-materia itu dengan cara mencuri.
trapAlih-alih tersentuh dengan cerita Yuffie; Cloud malah langsung menagih semua materia yang telah dicuri ninja itu. Dengan berlinangan air mata, Yuffie menyuruh Cloud menarik sebuah lever di ujung ruangan. Cloud menuruti perkataan gadis itu, dan… Ternyata itu adalah lever jebakan! Yuffie mentertawakan kebodohan mereka, lalu kabur lagi.
Rombongan Cloud kembali menemukan Yuffie di sebuah ruangan rahasia. Tapi ninja itu tidak lagi mengerjai mereka; dia dan Elena (saat itu Turks sedang berlibur di sana) malah diculik oleh Don Corneo, musuh lama AVALANCHE.
savedAVALANCHE dan Turks terpaksa melakukan gencatan senjata demi menyelamatkan Yuffie dan Elena. AVALANCHE akhirnya menemukan kedua cewek itu digantung di kepala patung Da Chao. Nyawa Yuffie dan Elena nyaris melayang saat Don Corneo mengancam akan memutus tali yang mengikat mereka berdua. Namun beruntung, Reno dan Rude datang sebelum Don Corneo sempat melakukan apapun.
Setelah kejadian di Da Chao, Yuffie langsung mengembalikan materia Cloud dan kawan-kawan. Urusan selesai, Cloud langsung meninggalkan si maling. Yuffie yang sedang mengoceh sendirian pun panik dan langsung menyusul mereka.
pagodaTantangan dari Lima Ksatria Pagoda
Rombongan AVALANCHE pergi ke Pagoda Wutai, tempat Yuffie biasa menimba ninjutsu. Di sana, Lima Ksatria Pagoda sudah menanti. Parahnya, dia harus mengalahkan mereka semua seorang diri.
Yuffie berhasil mengalahkan keempat lawan pertama; hal yang belum dapat dilakukannya di masa lalu. Di tingkat Pagoda yang kelima, Yuffie kaget karena lawannya adalah Godo ayahnya sendiri. Dia tidak menyangka, Godo yang biasanya terlihat malas-malasan, ternyata adalah pemimpin Lima Ksatria Pagoda. Dalam keadaan masih kaget, Yuffie pun harus melawan Godo….
dad & daughterYuffie membutuhkan perjuangan ekstra untuk mengalahkan sang ayah. Setelah pertarungan berakhir, Yuffie mengutarakan perasaannya kepada Godo. Dia kecewa dengan Godo yang mau saja tunduk kepada Shinra, menjadikan Wutai kota turis konyol, serta mempermalukan dewa-dewa suci Wutai. Tak disangka-sangka, Godo mengakui kesalahannya. Berkat kejadian itu, hubungan Yuffie dan Godo membaik. Dan sebelum Yuffie meninggalkan Pagoda; Godo membisikkan agar nanti Yuffie pulang dengan selamat, sekaligus… Membawa pulang materia Cloud dan kawan-kawan! Ternyata buah memang jatuh tak jauh dari pohonnya….
Menyelamatkan Dunia
Setelah berbagai kejadian di Wutai; Yuffie tidak berniat untuk mencuri materia Cloud lagi. Sebaliknya, dia terang-terangan membuat surat kontrak yang menyatakan: setelah pertarungan melawan Sephiroth, semua materia milik cowok itu akan menjadi miliknya.
ACCPulang ke Wutai
Setelah mengalahkan Sephiroth di Northern Crater, para anggota AVALANCHE berpisah jalan. Awalnya Yuffie menentang keras ide itu. Mereka semua sudah cukup lama bertualang bersama dan dia tidak mau persahabatan mereka bubar. Tapi Cid berkata kalau mereka semua bisa bertemu kapan saja.
Sebelum pergi, Yuffie teringat dengan tujuan utamanya: meminta materia teman-temannya untuk dibawa pulang ke Wutai. Cid lagi-lagi menyeletuk; Midgar sudah hancur, apa gunanya lagi materia. Yuffie berpikir sejenak, lalu akhirnya setuju dengan Cid. Tiba-tiba Cloud memperbolehkan Yuffie memiliki kesemua materianya, tapi dengan syarat, Cloud yang akan menyimpannya. Yuffie yang tadinya sudah kegirangan langsung protes.
Yuffie kemudian pulang ke Wutai. Situasi di kampung halamannya berangsur pulih. Saat waktu luang, dia mengajarkan wushu kepada anak-anak di sana. Namun kedamaian itu tidak berlangsung lama. Suatu hari Yuffie mendapati temannya terjangkit penyakit misterius. Tidak lama kemudian, penyebaran penyakit itu makin meluas dan banyak warga Wutai yang dikarantina. Belakangan, penyakit misterius itu diberi nama Geostigma.
Reuni di Tengah Pertempuran
Masalah Geostigma belum selesai, Yuffie sudah kembali dipusingkan dengan hilangnya anak-anak Wutai. Yuffie lalu menelpon Cloud dan menanyakan apakah cowok itu tahu penyebab hilangnya anak-anak.Tidak lama kemudian, Edge, kota tempat Cloud dan Tifa tinggal diserang oleh tiga orang berambut perak (Kadaj, Loz, dan Yazoo). Ketiga orang ini jugalah yang bertanggung jawab atas hilangnya anak-anak Wutai.
Yuffie kemudian berkumpul dengan Cid, Barret, Vincent, Nanaki, dan Cait Sith untuk membantu Cloud dan Tifa. Dengan menaiki Shera, pesawat baru Cid, mereka bergegas menuju Edge. Begitu sampai di Edge, sudah ada Bahamut SIN yang memporak-porandakan kota. Yuffie langsung turun menggunakan parasut dan mendarat tepat di depan Tifa dan Denzel. Saat menapakkan kakinya di tanah, Yuffie langsung menahan muntah; tanda kalau dia masih menderita mabuk kendaraan akut.
yuffie-tifa-denzel
Yuffie lalu menghampiri Tifa dan marah-marah, menanyakan siapa orang yang mencuri materianya (entah siapa yang memberinya informasi itu). Tifa pun memberitahu siapa pelakunya dengan kalem.
Para anggota AVALANCHE kemudian bertarung melawan Bahamut SIN di sebuah tower. Pertempuran itu berlangsung sengit; segala jurus dikeluarkan untuk melukai summon itu. Akhirnya Bahamut SIN berhasil dikalahkan. Para anggota AVALANCHE (kecuali Cloud) pergi mencari materia yang dicuri oleh trio rambut perak, kemudian menyusul Cloud yang bertarung melawan Kadaj.
DoCMemerangi DeepGround
Setahun sudah berlalu sejak ‘reuni’ di Edge. Kini Yuffie sudah bergabung dengan WRO (World Regenesis Organization) yang dipimpin oleh Reeve Tuesti alias Cait Sith. Yuffie berperan sebagai penyusup sekaligus pengumpul informasi. Yuffie menyelamatkan Vincent yang hampir terbunuh oleh Rosso, anggota DeepGround. Di misi terakhir Dirge of Cerberus, dia dan para anggota AVALANCHE yang lain menyerbu markas DeepGround. Setelah DeepGround hancur, Vincent menghilang dan Yuffie tidak tahu keberadaan pria itu.

Cara Merekrut

Yuffie bisa ditemukan di hampir setiap hutan di Planet. Cobalah berjalan-jalan di area hutan sampai menemukan musuh bernama “Mystery Ninja”. Kalahkan dia, lalu screen akan berganti ke sebuah padang rumput. Kamu bisa berjalan-jalan dulu sebelum bicara dengan si Mystery Ninja, tapi JANGAN membuka menu atau mengakses save point (nanti dia bisa kabur dan mencuri uangmu). Saat berbicara dengan Mystery Ninja, kamu akan diberi beberapa pilihan.

battle1) “You, spikey-headed jerk! One more time, let’s go one more time!”
Pilih “Not Interested”
2) “You’re pretty scared of me, huh!?”
Pilih “……petrified”
3) “I’m really gonna leave! REALLY!”
Pilih “Wait a second!”
4) “You want me to go with you?”
Pilih “……That’s right”
5) “All right! I’ll go with you!”
Pilih “……Let’s hurry on”

Setelah itu si Mystery Ninja akan mengejarmu dan memberitahukan namanya.

Limit Breaks
Level 1
• Greased Lightning (Shippuu Jinrai)
Cara mendapatkan: otomatis
• Clear Tranquil (Meikyou Shisui)
Cara mendapatkan: pakai Greased Lightning sebanyak 8 kali.

Level 2

• Landscaper (Batsuzan Gaisei)
Cara mendapatkan: bunuh 63 musuh dengan memakai Yuffie.
• Bloodfest (Chimatsuri)
Cara mendapatkan: pakai Landscaper sebanyak 7 kali.

Level 3

• Gauntlet (Gaishuu Isshoku)
Cara mendapatkan: bunuh 63 musuh dengan memakai Yuffie (setelah mempelajari Landscaper).
• Doom of the Living (Shouja Hitsumetsu)
Cara mendapatkan: pakai Gauntlet sebanyak 6 kali.

Level 4

• All Creation (Shinra Banshou)
Cara mendapatkan: kalahkan Godo di side quest Pagoda of the Five Gods.

Senjata
1) 4-Point Shuriken: equipment awal.
2) Boomerang: beli di Junon atau Gongaga.
3) Pinwheel: beli di Cosmo Canyon.
4) Razor Ring: beli di Wutai.
5) Hawkeye: beli di Icicle Inn.
6) Crystal Cross: beli di Mideel.
7) Wind Slash: peti di Cargo Ship atau beli di Junon (disc 2).
8) Twin Viper: peti di Shinra Mansion atau beli di Junon (disc 2).
9) Spiral Shuriken: beli di Costa de Sol (disc 2).
10) Superball: hadiah di Fort Condor atau beli di Junon (disc 2).
11) Magic Shuriken: peti di Godo’s House atau beli di di Junon (disc 2).
12) Rising Sun: curi dari Diamond Weapon.
13) Oritsuru: peti di Da-Chao.
14) Conformer: peti di Gelnika.

Theme Songs
Descendant of Shinobi: lagu saat Yuffie merencanakan akal bulusnya.
Stolen Materia: lagu saat Yuffie melancarkan akal bulusnya.
Wutai: lagu saat berada di Kota Wutai.
Walk, After the Rain: versi lain dari Descendant of Shinobi, dengan tambahan vocal.

VIITrivias
1. Yuffie sebenarnya berumur 25 tahun pada konsep awal Final Fantasy VII. Dia adalah seorang pemburu hadiah yang mencari Cloud dan Sephiroth, tapi karena suatu dan berbagai hal dia justru menjadi buronan. Poster buronannya bahkan tersebar di seluruh penjuru dunia. Tadinya dia juga mau dijadikan mantan anggota SOLDIER.
2. “Kisaragi” dalam Bahasa Jepang berarti “bulan Februari”, tapi bisa juga diartikan menjadi “memakai lebih banyak baju” (mungkin menyinggung pakaian Yuffie yang minim) atau “rehabilitasi tanaman”.
3. Dia sering ‘dijodohkan’ dengan Vincent oleh para fans; dan mereka ternyata benar-benar berjodoh karena diduetkan di Dirge of Cerberus. Selain Vincent, Yuffie juga (walau tidak sering) ‘dijodohkan’ dengan Reno atau Cloud.
4. Yuffie adalah satu-satunya orang yang berani mencium Cloud saat mini game kencan di Gold Saucer.
5. Materia yang dicuri oleh Loz di Advent Children, sebenarnya adalah milik Yuffie. Karena itu dia langsung mengomel-ngomel tentang materia begitu bertemu Tifa.
yumi kakazu6. Yumi Kakazu tidak pernah absen mengisi suara Yuffie. Mulai dari Ehrgeiz, serial Kingdom Hearts, Advent Children, Dirge of Cerberus, Crisis Core, sampai Itadaki Street Portable.
7. Tim animasi Advent Children merombak ulang animasi wajah Yuffie karena Tetsuya Nomura ingin Yuffie memiliki wajah yang imut.
8. Kostum Yuffie di Kingdom Hearts sebenarnya didesain untuk Rikku (FFX)
9. Baju Yuffie di Final Fantasy VII awalnya bukan berwarna hijau, melainkan merah. Artinya, kostum alternatif Yuffie di Ehrgeiz adalah kostum konsep awal itu.
10. Yuffie adalah satu dari sedikit karakter Final Fantasy yang berkebangsaan Asia.
11. Dia adalah satu-satunya karakter yang selalu berganti kostum dalam setiap kemunculannya di Compilation of Final Fantasy VII.

1

Anonim nyarios ... :

Cantik...

Silahkan Tulis Komentar Anda ...

Chatroll