GRAPHIC

Ketika dirilis pertama kali di console SNES, FFIV sudah menggunakan efek-efek canggih seperti scaling dan rotasi sehingga dunia Final Fantasy terlihat seperti 3D ketika berada di worldmap. Sayangnya karena dibuat dalam jeda waktu tak lama setelah Square merilis FFIII, teknologi grafis game ini masih terlihat belum maksimal, bahkan masih kelihatan seperti game Nintendo karena resolusi gambarnya kecil-kecil dan warnanya kurang bervariasi. Beruntung setelah di-remake di portable WonderSwan Color dan GameBoy Advance, grafis game ini mengalami peningkatan drastis dengan grafis lebih kaya warna dan resolusi gambar lebih jelas. Khusus untuk versi Playstation dan NDS, game ini juga mendapat tambahan bonus animasi FMV yang berbeda. Bahkan dalam versi NDS, permainannya menjadi full 3D.
MUSIK
FFIV memiliki banyak kemajuan di bidang musik dibandingkan tiga game sebelumnya berkat kemampuan SNES dalam memberikan instrumen yang lebih bervariasi. Nobuo Uematsu masih bertugas sebagai komposer utama dalam game ini. Konon katanya ia bahkan sempat menginap berhari-hari di kantor Square demi menyelesaikan musik dalam game ini. Seperti halnya FFI dan FFII, musik dalam Final Fantasy IV juga pernah diaransemen ulang dengan orkestra asli dalam kompilasi Final Fantasy Music Collection, plus tambahan vokal di beberapa lagu. Hebatnya lagi, salah satu musik dalam FFIV yang berjudul "Theme of Love" banyak dipakai dalam pelajaran musik di sekolah-sekolah anak di Jepang.










Silahkan Tulis Komentar Anda ...